Gempa Aceh Juga Dirasakan di Thailand dan Malaysia

0 komentar

Bangkok, Air laut di sepanjang pantai Phuket, Thailand, dilaporkan surut pasca gempa 8,5 SR melanda Simelueu, Aceh. Otoritas Thailand pun memperluas peringatan tsunami di 6 provinsi yang ada di wilayah selatan.

Awalnya, Pusat Penanggulangan Bencana Nasional Thailand mengeluarkan peringatan tsunami di 2 provinsi, yakni Phuket dan Phangnga. Namun kemudian peringatan tsunami diperluas untuk 6 provinsi, yakni di Phuket, Krabi, Ranong, Phangnga, Trang dan Satun.

Setiap warga yang ada di wilayah-wilayah tersebut diminta untuk mengungsi ke tempat-tempat yang lebih tinggi guna menghindari potensi tsunami. Demikian seperti dilansir oleh Reuters.

Sebelumnya diberitakan, otoritas India juga mengeluarkan peringatan tsunami menyusul gempa bumi yang juga terasa hingga ke wilayah Singapura, Malaysia, Thailand, dan India. Peringatan tsunami itu dikeluarkan untuk pantai-pantai timur India. Pusat peringatan tsunami India menyatakan, gelombang tsunami setinggi hingga 6 meter bisa terjadi di sepanjang pantai timur India. Gelombang tsunami yang lebih kecil diperkirakan juga bisa terjadi di pulau-pulau terpencil Andaman dan Nicobar.

Sedangkan menurut Pusat Peringatan Tsunami Wilayah Pasifik di Hawaii, gempa ini berpotensi tsunami yang akan berdampak di wilayah Indonesia, India, Sri Lanka, Australia, Myanmar, Thailand, Kepulauan Maldives, wilayah Samudera Hindia lainnya, Malaysia, Pakistan, Somalia, Oman, Iran, Bangladesh, Kenya, Afrika Selatan dan Singapura.

Kuala Lumpur, Otoritas Malaysia juga mengeluarkan peringatan tsunami menyusul gempa bumi berkekuatan 8,5 SR yang mengguncang Aceh. Penduduk di sepanjang pantai barat Malaysia diserukan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

"Kami telah mengumumkan peringatan tsunami di sepanjang pantai barat semenanjung Malaysia. Kami telah memerintahkan evakuasi segera untuk warga di sepanjang pantai negara-negara bagian Perlis, Kedah, Langkawi, Penang dan Perak," kata seorang pejabat Departemen Meteorologi Malaysia kepada kantor beritaAFP.

Ideas for Life - Sebelumnya, otoritas India, Sri Lanka dan Thailand juga telah mengeluarkan peringatan tsunami menyusul gempa 8,5 SR di Simeuleu, Aceh yang terjadi pada pukul 15.38 WIB. Peringatan tsunami di Thailand bahkan telah diperluas untuk 6 provinsi dari sebelumnya 2 provinsi saja.

Sementara pusat manajemen bencana Sri Lanka telah menyerukan penduduk pantai untuk bergerak ke daerah-daerah yang lebih tinggi. Ini sebagai pencegahan jika terjadi gelombang tsunami.

Disebutkan bahwa gelombang tsunami bisa menjangkau wilayah pantai timur Sri Lanka dalam waktu dekat. Otoritas Sri Lanka pun menyerukan evakuasi warga dari jalur-jalur pantai.

"Ada kemungkinan kuat tsunami menghantam pulau ini setelah gempa bumi di Indonesia," kata wakil direktur Departemen Meteorologi Sri Lanka M. D. Dayananda kepada AFP.

sumber : detik.com

Leave a Reply

 
Ideas For Life © 2012 DheTemplate.com & Supported by Blogger

You can add link or short description here