Gempa 8,5 SR di Aceh

0 komentar

Jakarta: BMKG mengeluarkan pengumuman gempa berkekuatan 8,5 Skala Richter di wilayah Sumatra, Rabu (11/4). Gempa terjadi sekitar pukul 15.38 WIB. BMKG menyatakan gempa berpotensi tsunami di wilayah barat Sumatra seperti Aceh, Sumatra Utara, Bengkulu, Lampung, dan Sumatra Barat.

Ideas for Life - Pusat gempa berada pada kedalaman 10 kilometer. Lokasi gempa di 2,31 Lintang Utara dan 92,67 Bujur Timur, tepatnya di 236 kilometer barat daya Kabupaten Simeulue, Aceh. Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi lebih lanjut mengenai kerusakan maupun korban.

Gempa di Aceh dirasakan di Kota Medan. Puluhan karyawan Unilever Medan berhamburan keluar saat gempa selama sekitar 5 menit itu. Akhirnya Unilever pun memilih memulangkan karyawannya.

"Infonya siaga tsunami, jadi dipulangin ke rumah," ujar salah satu manajer di Unilever, Yulianto, kepada detikcom.

Menurut Yulianto, lampu di sekitar Kota Medan langsung mati. Beberapa traffic light juga mati.

Meski demikian, lanjut Yulianto, komunikasi di Medan tidak terganggu. "Telepon istri tadi bisa," katanya.

Gempa berkedalaman 10 km itu berlokasi di 1.40 LU-92,99 BT (346 km barat daya Kabupaten Simeulue). BMKG memberikan peringatan dini tsunami untuk Bengkulu, Lampung, Aceh, Sumbar dan Sumut. Gempar berlangsung sekitar pukul 15.38 WIB.

Pasca gempa yang menguncang Aceh, Simeuleu diguyur hujan gerimis. Tak hanya itu, listrik di pusat gempa berkekuatan 8,5 SR itu juga mati.

"Di sini hujan gerimis. Listrik juga mati," kata Kapolres Simeuleu AKBP Parluatan Siregar saat dihubungi detikcom, pukul 17.15 WIB.

Meski begitu, suasana di lokasi masih terang. Warga sudah dievakuasi ke daerah yang tinggi, seperti di Kota Sinabang. Kota ini merupakan pusat perekonomian, sehingga jika mengungsi lebih lama, diperkirakan kebutuhan pangan masih tercukupi.

"Mati lampu memang tapi di sini masih terang ya. Warga juga sudah naik ke atas. Masih terkendali," jelasnya.

Gempa susulan 6,1 SR terjadi lagi di Aceh. Kedalaman gempa ini sekitar 10 km.

Dari twitter Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa ini terjadi pada Rabu sekitar pukul 17.09 WIB.

Gempa terjadi di 492 km Barat Laut Kabupaten Simeulue, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dengan kedalaman 10 km.
Sedangkan pada pukul 17,21 WIB, terjadi lagi gempa susulan keempat, sebesar 5,7 SR. Pusat gempa berada pada 335 Km Barat Laut Simeulue, NAD dengan kedalaman 23 km.

sumber : metrotvnews.com, detik.com

Leave a Reply

 
Ideas For Life © 2012 DheTemplate.com & Supported by Blogger

You can add link or short description here