Facebook Beli Instagram Rp9 Triliun

0 komentar


Los Angeles: Pengelola jejaring sosial Facebook mengumumkan pembelian Instagram, aplikasi telepon pintar untuk mengedit dan berbagi foto. Facebook membayar $1 miliar (Rp 9 triliun) dalam bentuk uang segar dan saham untuk keperluan belanjanya ini.

Instagram sebenarnya baru diluncurkan Oktober 2010. Mulanya hanya digarap untuk iPhone sebelum kemudian juga didesain sebagai aplikasi Android pekan lalu. Pendiri dan direktur utama Facebook Mark Zuckerberg mengatakan akan terus mengembangkan Instagram sebagai merek terpisah, agar bisa dipakai pula sebagai aplikasi untuk layanan jejaring pesaing Facebook.

Aplikasi ini gratis dan penggunanya bisa memanfaatkan 17 lapisan pada foto yang mereka ambil, mulai dari mengubah nuansa warna sampai memberi foto kesan yang berbeda, sebelum akhirnya diunggah.

Apilikasi yang sangat digemari. Menurut Instagram kini layanan ini dipakai lebih dari 30 juta pengguna yang mengunggah lebih dari lima juta gambar setiap hari. Paul Kedrosky, seorang investor bidang teknologi serta penulis blog the Infectious Greed, mengatakan pada BBC: "Setahu saya Instagram hanya punya 13 pekerja, jadi dengan transaksi ini tiap kepala dapat bagian $77 juta. Ini adalah deal bisnis paling mahal dalam sejarah."

Ideas for Life - Zuckerberg menulis dalam laman Facebook-nya: "Menurut kami fakta bahwa Instagram juga terkoneksi dengan layanan (jejaring) lain diluar Facebook merupakan bagian dari pengalaman yang penting."

"Adalah sebuah tonggak penting bagi Facebook karena untuk pertama kalinya kami membeli sebuah produk dan perusahaan yang dipakai begitu banyak pengguna. Kami tidak punya rencana melakukan banyak hal semacam ini, kalau pun nanti barangkali ada lagi (transaksi serupa)."

Sementara menurut analis Paul Kedrosky, transaksi dilakukan super cepat. "Kabarnya langsung deal secepat kilat. Setelah meluncurkan versi Android pekan lalu dan menambah pengguna sejuta orang per hari, jelas kalau aplikasi ini bukan cuma soal berbagi foto, ini jejaring sosial lain yang juga sangat kompetitif, dan mungkin ada kekhawatiran akan masuknya pesaing lain yang juga berminat dengan transaksi ini. Itu satu-satunya alasan kenapa Facebook melakukan hal ini diam-diam dan sebelum masa penawaran saham perdana dimulai.

sumber : metrotvnews.com

Leave a Reply

 
Ideas For Life © 2012 DheTemplate.com & Supported by Blogger

You can add link or short description here