Cara Mengatasi Bau Pada Sepatu

0 komentar



Exfile4shared.blogspot.com, Orang yang selalu aktif dan suka berolahraga kadang bermasalah dengan sepatu mereka. Apalagi kalau bukan bau sepatu. Ini bisa jadi masalah ketika berhubungan dengan kenyamanan.

Untuk mengatasi itu, cobalah menghilangkan dan membuat sepatu segar setiap saat. Caranya:

1. Periksa sepatu
Periksalah sepatu dan cari tahu apa penyebab aroma tak sedap itu. Misalnya, jika sol lembab dan basah, bisa dikeringkan lebih dulu di udara terbuka. Akan lebih baik menggunakan sol khusus yang bisa menghentikan pertumbuhan bakteri. Jika memiliki dua pasang sol, gantilah secara berkala untuk mengusir bau.

2. Produk yang membantu mengusir bau
Ada banyak produk di pasaran yang dapat digunakan buat mengusir bau tak sedap pada sepatu. Tapi, jika harganya terlalu mahal, gunakan saja baking soda. Taburkan baking soda ke dalam sepatu dan biarkan semalaman untuk menyerap  bau. Baking soda akan membuat bau keluar dari sepatu.

Parfum sepatu juga tersedia di pasaran yang dapat digunakan untuk menangkal bau. Kiat lainnya bisa dengan memercikkan sedikit bedak di kaus kaki sebelum dipakai. Ini untuk mencegah kaki berkeringat serta menjaga sepatu tetap harum.

3. Gunakan dua pasang sepatu secara bergantian
Menggunakan sepasang sepatu setiap hari bisa memperburuk bau. Setidaknya, miliki dua pasang sepatu dan gunakan keduanya bergantian. Ini untuk memberikan kesempatan sepatu bernapas dan mencegah bau. Jika berolahraga secara teratur, miliki beberapa set sepatu olahraga yang dapat membantu mencegah ketidaknyamanan atau cedera.

4. Pakai kaos kaki katun 
Jangan pernah memakai sepatu tanpa mengenakan kaus kaki. Memakai sepatu tanpa kaus kaki memungkinkan keringat menyerap ke dalam sepatu, sehingga meningkatkan pertumbuhan bakteri. Katun adalah pilihan terbaik untuk kaus kaki. Ketika membeli kaus kaki, perhatikan label dan periksalah berapa persentase katun dalam kaus kaki tersebut. Setidaknya 70% bahan kaus kaki harus dari katun. Cucilah kaus kaki secara teratur, terutama di musim kemarau atau setelah penggunaan yang lama.

5. Merawat kesehatan kaki
Kadang-kadang penyebab bau tak sedap justru dari kaki Anda. Jagalah kaki agar segar sepanjang waktu, terutama sebelum dan sesudah menggunakan sepatu. Selalu bersihkan dan cuci sepatu secara rutin, ini akan membantu menghilangkan bakteri dan menghentikan pertumbuhannya.

6. Simpan sepatu dengan benar
Setelah selesai digunakan, simpanlah sepatu di tempat yang kering, dengan aliran udara yang bersih dan segar. Jangan letakkan sepatu langsung di bawah sinar matahari, karena bisa menyebabkan sepatu cepat rusak. Jauhkan juga sepatu dari sumber panas.

sumber : http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/06/19/95391/Usir-Bau-pada-Sepatu/11

Leave a Reply

 
Ideas For Life © 2012 DheTemplate.com & Supported by Blogger

You can add link or short description here