Gejala dan Penyebab Keringat Berlebih

1 komentar

Exfile4shared.blogspot.com, Medan: Anda ingin bertemu dengan klien atau kencan dengan si dia? Pastinya Anda ingin berpenampilan maksimal. Namun, keringat berlebih justru mengganggu dan membuat Anda tidak percaya diri. Telapak tangan menjadi basah, hal ini tentu membuat tidak nyaman ketika bersalaman. Pakaian menjadi cepat basah oleh keringat, padahal Anda sudah “jaga diri” untuk tidak melakukan aktivitas yang “mengundang” keringat.

Berkeringat merupakan hal yang normal. Namun, jika berlebihan, bisa menimbulkan masalah. Bisa dibayangkan betapa tidak percaya dirinya seseorang dalam pergaulan jika daerah ketiak selalu basah akibat produksi keringat yang berlebihan. Celakanya lagi apabila tercium bau tidak sedap akibat keringat berlebih tersebut. Masalah ini merupakan persoalan klasik yang amat sering dijumpai di Indonesia, terkait dengan iklim tropis.

Sebenarnya, berkeringat merupakan mekanisme tubuh sebagai upaya melepaskan panas dari dalam tubuh. Pada umumnya tubuh akan mengeluarkan keringat saat mendapat rangsangan panas, baik dari dalam tubuh maupun temperatur udara. Keringat juga keluar ketika manusia sedang berolahraga agar panas dari dalam tubuh keluar. “Karena itu, keringat menjadi salah satu mekanisme pertahanan tubuh untuk mempertahankan kelembaban kulit,” ucap Retno Iswari Tranggono, MD, ahli kulit dan kecantikan dari Ristra House kepada Kompas.com.

Namun, persoalannya akan beda jika produksi keringat berlebihan dan mengalir nyaris sepanjang waktu. Persoalan yang pasti timbul adalah perasaan kurang nyaman dan menurunnya percaya diri. “Malu banget rasanya ketika bertemu klien dan ada bekas keringat di bagian ketiak kemeja saya,” ucap Arien. Pegawai perusahaan swasta di kawasan Blok M ini mengaku dirinya mudah berkeringat jika merasa gugup atau emosi berlebih.

Kondisi keringat berlebih disebut juga hiperhidrosis. Hiperhidrosis adalah sekresi atau pengeluaran keringat dalam jumlah yang lebih banyak dari seharusnya untuk mendinginkan tubuh. Biasanya penderita hiperhidrosis akan berkeringat 4-5 kali lebih banyak daripada yang normal. Jadi, walaupun dalam ruangan sejuk, pakaian Anda basah oleh keringat, bisa jadi Anda mengalami hiperhidrosis. Untuk mengenali gejalanya, coba cek beberapa indikator berikut ini:

Anda mengeluarkan keringat berlebihan terutama di bagian tubuh, seperti telapak tangan, ketiak, kulit kepala, telapak kaki, area wajah, dan sepanjang jaringan payudara.
Bagian tubuh yang mengalami hiperhidrosis biasanya berwarna merah muda atau putih kebiruan, dan pada kasus yang lebih parah kulit dapat pecah-pecah dan bersisik, terutama pada kaki.


Penyebab
Penyebab hiperhidrosis belum diketahui secara pasti, tetapi para ahli menyebutkan beberapa kemungkinannya. Hiperhidrosis dibagi menjadi dua, yaitu hiperhidrosis primer dan hiperhidrosis sekunder.

Hiperhidrosis primer biasanya terjadi pada seseorang yang baru menginjak remaja dan disebabkan oleh turunan (genetik), faktor saraf, metabolisme atau kondisi sistemik. Hiperhidrosis sekunder terjadi setelah dewasa karena sejumlah faktor berikut:
  • Faktor psikologis, seperti cemas, malu, dan takut.
  • Mengonsumsi makanan pedas dan minuman tertentu, seperti kafein dan alkohol.
  • Efek dari obat-obatan, seperti morfin, tiroksin dosis tinggi, aspirin, dan asetaminofen.
  • Demam, pada saat suhu tubuh mulai turun.
  • Berhubungan dengan berbagai penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, tuberkulosis, dan malaria.
  • Aktivitas berlebihan pada susunan saraf simpatis sebagai pengendali pembentukan keringat.
  • Hipoglikemia atau kadar gula darah yang rendah.
  • Hipertiroidisme, kelenjar tiroid yang menghasilkan sejumlah besar hormon.
  • Obesitas


Komplikasi
a. Infeksi jamur. Jamur senang tumbuh di lingkungan yang hangat dan lembab, misalnya di telapak kaki dan kuku. Munculnya banyak keringat bisa berpotensi membuat jamur tumbuh subur.
b. Biang keringat dan ruam. Ini terjadi karena pori di sekitar kelenjar keringat tertutup sehingga keringat terjebak di bawah kulit. Biasanya terjadi di dahi, punggung, dan dada.
c. Bau yang tidak sedap, terutama di sela-sela jari kaki dan ketiak.

One Response so far.

  1. idikasi gejala di atas seperinya di saya tdk ada . dan komplikasi di atas sy jg tdak ada.. tp sy orang yg punya kelebihan keringat. usia sy skrng 39 sy tdk termsk pekerja berat.contoh : ktka otak atik mobil sbntar aja keringat akan deras mengucur dr kepala sy....aplagi sampe buka ban serep misalnya .... krnanya sy mnjd tdk nyaman ketika berada di tempat umum... terimakasih.

Leave a Reply

 
Ideas For Life © 2012 DheTemplate.com & Supported by Blogger

You can add link or short description here