4 Kebudayaan Cina yang Telah Menyatu di Indonesia

0 komentar
Ideas for Life,-

1. Wayang Potehi
 

wayang potehi merupakan salah satu jenis wayang khas tionghoa yang berasal dari cina bagian selatan. Kesenian ini dibawa oleh perantau etnis tionghoa ke berbagai wilayah nusantara pada masa lampau dan telah menjadi salah satu jenis kesenian tradisional indonesia. Cerita yang ditampilkan berasal dari legenda rakyat tiongkok, seperti sampek engthay, sih djienkoei, capsha thaypoo, sungokong, samkok dll.

2. Bacang

bakcang atau bacang adalah makanan tradisional masyarakat tionghoa. Kata ‘bakcang’ sendiri adalah berasal dari dialek hokkian yang lazim dibahasakan di antara suku tionghoa di indonesia.Nyam, makanan kesukaan nih.


Makanan ini, menurut legenda, muncul pada zaman dinasti zhou berkaitan dengan simpati rakyat kepada qu yuan yang bunuh diri dengan melompat ke sungai miluo. Pada saat itu, bakcang dilemparkan oleh rakyat sekitar ke dalam sungai tersebut untuk mengalihkan perhatian makhluk-makhluk di dalamnya agar tidak memakan jenazah qu yuan. Kemudian, bakcang menjadi salah satu simbol perayaan peh cun atau duanwu.



3. Kiasu
 

kiasu adalah ejaan hokkien (fujianese) untuk bhashu/pasu. Jargon ini sangat sering didengungkan di singapura. Istilah ini mengandung arti suatu ketakutan akan tertinggal atau takut kalah karena kurang menguasai ilmu. Kata ini begitu banyak digunakan oleh orang-orang singapura dan malaysia yang dimasukkan ke dalam perbendaharaan bahasa inggris mereka. Kata ini seringkali digunakan dalam menggambarkan sikap sosial masyarakat, khususnya masyarakat singapura.

Kiasu telah diterima sebagai kata resmi di kamus bahasa inggris oxford. Kiasu biasanya dibandingkan dengan kiasi (secara harfiah berarti, takut mati) dan keduanya biasanya digunakan untuk menggambarkan perilaku dimana kiasu atau kiasu-isme berarti mengambil cara-cara ekstrim untuk memperoleh kesuksesan dan kiasi atau kiasi-isme berarti mengambil cara-cara ekstrim untuk menghindari resiko.

4. Ai pia cia e ya (爱拼才会赢 ) 

ini adalah “lagu kebangsaan” suku hokkien di seluruh dunia. Lirik lagu dari taiwan ini mencerminkan etos kerja dan semangat berusaha yang sangat tinggi. Seperti umumnya lagu-lagu hokkien lainnya, lagu ini sangat mengandung semangat, dimana arti judulnya saja “harus berjuang baru bisa menang”.
 

Leave a Reply

 
Ideas For Life © 2012 DheTemplate.com & Supported by Blogger

You can add link or short description here